RSS

Myth tentang kakia awatram dan juga dewa sobek (surabhaya) serta kurma awataram.. 

01 Jul

Om bhtara kalky hari ya uwaca.. Sahmayantra charita shantii.. Om

​Kakia awatram.. Pada suatu waktu di jaman itu, 

Maka telah habis waktuNya dan kmudian smua telah fasih dan masih ada yg mendungu.. Pada akhirnya dihabiskanlah seluruh bumi atas dasar maha pralaya.. Maka yg mnuju surga yg memahami akan arti ida byang widji wisesa ardenareswari dgn ida hyang widhi wasa.. Lautlah tempat itu dan hancur dunia mahapralaya.. Kmudian IA sang awitram mendendam dalam kiamat pun tetap.. Maka IA kmudian mnjdi kakia awtram.. (kakia adalah hiu adalah sura)  serta kmudian dari jauh darat ada juga pesaingnya yg brasal dari nile sbagai dewa angkara murka sang yama lautan wasuki dan mreka brtarung smpai akhirnya.. Mnjdi mitos surabhaya.. Serat joyobhoyo mnyebutkan bhoyo joyo.. Artinya bahaya menang,  maka sura datang joyo bhoyo.. Brhati2 wahai pmbawa bahaya maka kami itu sama memakanmu.. Dalam kota surabaya

Kmudian saat mereka brtarung dgn kekuatannya, maka dri daerah timur muncul yang namanya sang kur mhawatana dan diatasnya ada seorang suhci bhagawanta.. mereka mnyusuri laut hendak pulang ke bumi kahuripan bromolyanaka.. Dan melihat pertarungan itu,  lalu sprti kisah hanacaraka.. 

Seperti kisah peperangan tanpa akhir brhma wisnu ke ujung langit ke bawah lapisan bumi (shingga brtemu 14 lapisan).. Maka itulah sang linga shiva dateng dan selesai.. Bgitulah disebutkan.. 

Lalu kurma awitram brsrta bhgwnta yg disbut sapta bhgwntah sawidji.. Melerai itu dgn bantuan sang kurma awitram dan itu pun usai asal mreka tau bahwa siapa terkuat.. Kmudian sabda mereka ada yg lebih hebat dari kalian,  ia adalah ibu semesta ibu pertiwi yg mmbrikan kalian tempat hidup,  IA dari selatan dan IA disebut kanjeng Ibu IDa byang Widhji Wana Sagara Wisesha.. Maka kmudian sang bhgwnta trlihat membelah mnjdi dua yaitu aprti brswarika.. Permaisuri saat itu jiga sbgai brkah dalem.. Maka disebutlah itu bhawanti bhoga manca dewi.. 

Ardenareswari mereka aswajanahta itu.. Lalu kmudian mreka pada akhrinya mncritakan tentang ihwal keterjadian alam.. 

Dri luang ruang koson sunia lokha

Mnjdi itu dua… Menga pepet.. 

Mnjdi itu tiga pasah(berburu)- weteng (oteng) kajeng(rahajeng)..

Mnjadi itu empat shri laba jaya mandala.. 

Mnjdi itu lima yaitu manca wali sila umanis iswara isha.. Pahing brahma aibrahim (matan ai)… Pon maahaadewaki (mahaya wadi widi).. Wage waisnawatha sang hari bhatara..kliwon shivaKi sang penyeimbang.. 

Maka sekarang brhentilah dan brguru padaNya,  ..dan mereka ajaibnya tak brani menyerang dan tunduk krna dikatakan pada serat jati nginsun bahwa sesiapa yg hadir dalam perang dan ada pinihandita disana bersuara sabda dan masih mereka berperang,  maka itu adala kapilawastu atau akan mnjdi abu mereka dan tak wisa mnjdi lagi sang urip.. Kecuali mreka tunduk pada sabda dewata dewa tattwa.. 

Maka pada akhirnya mreka mngangguk dan ketiga mahalokha mahluka itu mnjdj dasar dri kasinpangan simpangan ida byang widji wisesa.. Sbaga natha raja mereka..
Suwun.. Sinampurah jagarha narahyata

Ghosty Ward.. 

 
Tinggalkan komentar

Ditulis oleh pada 1 Juli 2017 in Mitos Abadi

 

Tag: ,

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

w

Connecting to %s

 
%d blogger menyukai ini: