RSS

Profil dewa mahesora (tenggara)  

20 Jul
Profil dewa mahesora (tenggara)  

Om ya ca ra tastra hyang mahesora, hyang nang dasaksarah tinemu nang ca ra swaha..ghneya dewa maliqha nathaka.. Sang dadu dewata mawahana macan.. Sugre titiang om.. 

Dewata maheswara adalah pnguasa arah trnggara yg berwarna pink,  dimana IDa bersenjata dupa dan juga berwahana macan.. Urip ida adalah delapan,  dan memiliki tastra (aksara hanacaraka)  CA dan Rang.. nang adalah dasa aksraNya sang divwahi.. 

Dari kosakata Nya maka bisa ditarik bahasa.. Maheswara.. Mahesa-Wara.. Ktika diartikan Mahesa adalah hyang bhtra tinunggal,  dan wara adalah Hari.. Istri pwrmasuri IDa hyang Laksmi,  dalam hal ini adalah sang penguasa kesejahteraan juga murti hyang waisnawakha dewaki, sbagaimana juga warna adalah prpaduan putih merah yg mnjdi pink dan sesuai juga sprti warna bendera perpaduannya.. 

Senjata adalah dupa dng wahana macan, (bandingkan dgn crita bubuksah)  dimana pada dasarnya wahana macan akan tepat ktika seseorang memiliki kasidihan tantra budha vajryanaka kanda kaphat,  hal ini jga masuk kpada panca ma bhairawa puji, sbagaimana bubuksah laku.. 

Diapit tiga Ia.. Hyang Shiva Iswara Brahman,  dan ktika masuk pada permaisuri laksmikha,  Apakah ida adalah juga waisnawa murti? ..sekedar tafsir saja, dan yg terpenting ida adalah brada di tenggara (asia trnggara)  sejatiNya ida lah itu.. 

Kemudian dimana di tubuh Ida adalah pnguasa paru2, daerah tropis memang terkenal sbagai paru2 dunia dan tentu indonesia juga.. Disebtukan juga tirta empul bali adalah salah satu minor cakra dunia juga,  paru2 itu.. 

Melihat wara2 yg ada maka disebutkan catur wara ida mandala artinya Ida hyang medue sang mandala iku,  apakah itu sapta patala lokha samasta maka ida juga bisa sbagai pnguasaNya.. Atau yg mmbrikan kebajikan mandala pujam.. 

Sad wara sangawara paniron jangu adalah bahasa “kalaashuraya”artinya dgn itu Ia menjalankan misi2Nya.. Kmudian saptawara astawara dasawara.. 

Wraspaattii.. Adalah sang bhgqwanta pguasa maya guna,  dimana Ia lah yg mnjfi hakim untuk memisahkan yg mana satwik rajas tamas,  dan dijebloskan IA ke sapta patala loka atau masuk pada swarga loka atau numitis kembali ..atau kamoksan mnjadi Ida (yg sewaktu2 akan turun kembali mnjdi awitram).. cek link

https://linggashindusbaliwhisper.com/2012/12/24/manusia-akan-kemanasetelah-kematian-wraspatti-tattwa/

Kmudian guru dan raja.. Asta wara dasa wara.. Maka guru adalah hyang guru semesta juga raja adalah sang maha raja.. 

Om kshama sahampurna ya namaha ya dewa jagat bhur loka bwah swaha lokha.. Mrtyu kama jaya bhawasanatkaha wacika manu sang manacika nemu sahwarga loka ring bhumi kahuripan jagatha.. Om

 
 

Tag: , , , , ,

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

w

Connecting to %s

 
%d blogger menyukai ini: