RSS
Galeri

Yang Tersembunyi Dari Seorang Drupadi

19 Nov
Bagi banyak orang Drupadi adalah lambang kesucian sekaligus keanggunan seorang wanita. Dia adalah seorang ratu penuh misteri, yang energik dan berapi-api namun penuh kasih kepada lima bersaudara Pandawa, dan juga dianggap sebagai salah satu alasan kenapa perang Mahabharata terjadi. Tapi tahukah, bahwa Draupadi melambangkan pengikatan lima chakra dalam tubuh manusia? Drupadi merupakan perlambang yang juga disebut Kula kundalini, yang berada di sumsum tulang belakang manusia. Mari kita lihat beberapa fakta tersembunyi tentang Draupadi …

1. Berbagai nama lain Draupadi
Draupadi juga disebut sebagai Panchali (artinya yang berasal dari kerajaan Panchala), Yajnaseni (yang berarti terlahir dari Yajna atau pengorbanan api), Mahabhaaratii (Istri / Nyonya besar dari lima keturunan Bharata) dan Sairandhri (seorang pembantu ahli, nama ini muncul saat Drupadi dan Pandawa hidup dalam pengasingan di mana dia bekerja sebagai penata rambut ratu Sudir dan rambut Raja Virata).

2. Draupadi seharusnya memiliki 14 suami dan bukan lima orang saja….
Dikisahkan tentang Draupadi yang meminta seorang suami dengan 14 kualitas dalam kelahirannya sebelumnya. Dewa Siwa memberinya anugerah. Tapi karena tidak ada orang yang bisa memiliki semua kualitas, dia mengatakan kepadanya bahwa dia akan menjadi istri dari lima pria yang secara kolektif memiliki semua kualitas tersebut. Draupadi telah meminta Dewa Siwa untuk memberkati dirinya dengan suami yang memiliki lima kualitas terbaik yang dimiliki seseorang: dharma, kekuatan, keterampilan memanah, tampan, kesabaran, dll.

3. Draupadi bukanlah tipe wanita yang hanya bisa diam dan pasrah pada penderitaan.
Sosok Draupadi adalah sosok yang Langka dalam budaya jaman itu, Draupadi adalah wanita yang tak kenal takut. Dia menuntut keadilan secara langsung dari Dhritarashtra, raja Hastinapura, saat dia dihina. Dia, saat menjadi Sairandhri, sekali lagi menuntut keadilan secara langsung dari raja Virata saat dia dihina oleh saudara ipar Sang Raja, Kichaka. Dia secara terbuka mengutuk raja-raja tersebut (Virata dan Dhritarashtra) karena gagal melindungi seorang wanita. Dia bahkan mengutuk para pejuang hebat seperti Bhishma, Drona, Kripacharya dan suaminya karena tidak menyelamatkannya dari penghinaan selama peristiwa Cheer-Haran.

4. Draupadi tidak pernah memiliki masa kecil….
Ayah Draupadi Drupada, raja Panchala, menciptakannya dengan tujuan menghancurkan Dinasti Kuru yang melindungi Drona, yang menggunakan murid-muridnya, Pandawa dan Kaurava, untuk menaklukkan dan kemudian membagi Panchala. Dia lahir dari Yadnya Gni dengan demikian, Draupadi lahir dewasa, tanpa mengalami masa kecil atau mengalami asuhan sebagai seorang anak. Draupadi dibesarkan dalam kebencian, dirancang untuk menghancurkan sebuah keluarga.

5. ReInkarnasi Dewi Kali
Ada kepercayaan populer di India Selatan bahwa Draupadi juga merupakan inkarnasi dari Maha Kali, yang lahir untuk membantu Krishna (yang merupakan avatar dari Vishnu, Kali yang merupakan saudara Dewi Parvati) untuk menghancurkan semua Raja India yang sombong. Itulah sebabnya mereka dianggap kakak dan adik meski Draupadi lahir dari api.

6. Draupadi tidak mempercayai suaminya.

Draupadi berteriak ingin membalaskan dendam namun meragukan jika kelima suaminya akan membalaskan dendamnya. Dia punya alasan untuk meragukannya. Mereka tidak membunuh Jayadhrata, suami ipar perempuannya, meskipun dia menyeretnya keluar dari rumahnya ke kereta yang bertekad menjadikannya selirnya. Mereka ragu membunuh Kichaka karena takut membuat identitas rahasia mereka diketahui publik saat dia menyiksanya di tahun terakhir pengasingan mereka.
7. Istana Draupadi
Istana Draupadi seperti “akshaya patra” milik Lakshmi, yang selalu penuh dengan makanan. istilah “lstana Draupadi” berarti dapur yang dipenuhi dengan makanan terbaik. Dapur seperti itu adalah tanda ibu rumah tangga yang baik (Drupadi kadang disebut sebagai “Annapurna”). Mahabharata menunjukkan kepada kita nilai seorang ibu rumah tangga yang baik dan bahwa ini menjadi simbol bahwa wanita tidak sepantasnya untuk “mementingkan” diri sendiri.

8. Apakah Draupadi diselamatkan oleh Resi Durvasa?
Ada juga cerita menarik Durvasa yang menyelamatkan Draupadi peristiwa Cheer-Haran. Dalam Siwa Purana menghubungkan penyelamatan ajaibnya dengan anugerah yang diberikan oleh Resi Durvasa. Draupadi dengan cepat merobek selembar pakaiannya untuk menutupi tubuhnya. Maharesi memberinya anugerah pertolongan, yang menyebabkan aliran kain yang tak ada habisnya untuk menutupi tubuhnya saat Dushasana mencoba melepaskan pakaiannya.

9.Drupadi mengutuk Ghatotkacha
Ketika Ghatotkacha mengunjungi kerajaan ayahnya untuk pertama kalinya, atas perintah ibunya (Hidimba), dia tidak menghormati Drauapdi . Drupadi merasa terhina dan dia menjadi sangat marah. Drupadi berkata kepada Gatotkaca bahwa dia adalah orang yang luar biasa, dia adalah ratu Yudhistira, dia adalah anak perempuan seorang raja Brahmana, dan statusnya jauh lebih tinggi daripada Pandawa.

10.Balas dendam Hidimba
Draupadi mengucapkan sebuah kutukan yang mengerikan bahwa hidup Ghatotkacha akan singkat, dan bahwa dia akan dibunuh tanpa pertarungan – kejadian yang mengerikan bagi seorang kshatriya. Hidimba tidak bisa mengendalikan dirinya sendiri saat mendengar kutukan Draupadi. Dia bergegas menghampirinya, dan memanggilnya wanita malang dan berdosa. Hidimba dalam kemarahannya mengutuk anak-anak Drauapdi

11. Berbagai Kelahiran Drupadi sebelumnya…
Menurut NaradaPurana dan Vayu Purana, Draupadi adalah gabungan awatara dari para Dewi , yaitu Dewi Shyamala (Shakti Dharma), Bharati (Shakti Vayu), Shachi (Shakti Indra), Usha (Shakti Ashwins) dan Parvati (Shakti Siwa). Di avatar sebelumnya, dia lahir sebagai Vedavati, yang mengutuk Ravana. Dia kemudian dilahirkan sebagai Sita. Inkarnasi ketiganya sebagai Damayanti yang berputri Nalayani. Dan reinkarnasinya yang kelima adalah Draupadi sendiri.

12. Perjanjia Pranikah Draupadi
Ketika Draupadi setuju untuk menjadi istri Pandawa, Dia mengajukan syarat bahwa dia tidak akan berbagi rumah tangganya dengan wanita lain. Pandawa tidak dapat membawa istri mereka yang lain ke Indra-prastha. Arjuna, bagaimanapun, berhasil membawa satu istri masuk. Dia adalah saudara perempuan Krishna, Subhadra. Dan dengan sedikit saran dari Krishna, akhirnya arjuna bisa membawa Subhadra ke Indraprasta.

13. Duryodana tidak ikut serta dalam Swayamvara Drupadi
Ada alasan mengapa Duryodhana tidak berpartisipasi dalam swayamvara Draupadi. Itu karena dia sudah menikahi putri Kalinga, Bhanumati. Dia telah berjanji kepadanya bahwa dia tidak akan pernah menikah dengan orang lain, dan dia menepati janjinya.

14. Sepatu di depan Pintu sebagai Tanda…..

Pandawa telah sepakat bahwa hanya satu laki-laki yang bisa masuk kamar Draupadi pada satu waktu dan selama itu, tidak ada Pandava lain yang boleh masuk ke kamarnya. Barang siapa yang memasuki kamar Drupadi harus memberi tanda dengan meletakkan sepatunya di luar pintu. Pelanggaran terhadap kondisi ini memiliki hukuman yang ketat – pelaku harus segera berangkat bertapa untuk pengasingan selama bertahun-tahun.

15. Arjuna , pelanggar aturan…
Suatu hari ketika Yudhistira berada di kamar Draupadi, seekor anjing mencuri sepatunya dari luar pintu. Arjuna, yang tidak sadar akan hal ini, memasuki bilik itu dan melihat kakak laki-lakinya dengan Draupadi. Menurut kesepakatan tersebut, Arjuna harus berangkat ke pengasingan. Karena Malu, Draupadi menjadi marah dengan anjing yang telah mencuri sepatu Yudhistira, sehingga memaki semua anjing – “Seluruh dunia akan melihat anjing bersetubuh di depan umum, dilucuti dari rasa malu.”

16. Sisi lain Drupadi
Asvatthama, anak Drona, tanpa belas kasih membunuh kelima anak Draupadi yang sedang tidur di tengah malam. Krishna, Arjuna dan Bhima pergi dan menangkap Asvatthama dan membawanya ke Draupadi agar dia mengambil keputusan akhir. Draupadi, bagaimanapun, menunjukkan rasa kasihan yang luar biasa saat Asvatthama duduk dengan kepala tertunduk. Meskipun Krishna mengatakan kepadanya bahwa tidak ada dosa yang timbul dalam pembunuhan seorang pembunuh semacam itu, Drupadi dapat merasakan rasa sakit yang dirasakan istri Drona atas kehilangan anaknya.

17. Terberkati menjadi perawan….
Sebelum pindah ke suami berikutnya, Draupadi berjalan melalui api untuk mendapatkan kembali keperawanan dan kemurniannya. Sedangkan Aturan seperti ini tidak pernah dilakukan oleh suami poligami. Semua Pandawa memiliki istri-istri lain tapi istri-istri ini tinggal bersama orang tua mereka dan Pandawa harus pergi ke luar kota untuk mengunjungi istri mereka yang lain selama empat tahun saat giliran Drupadi bersama dengan salah satu anggota Pandawa yang lain selama 1 tahun .

18. Krishna adalah satu-satunya teman Draupadi….

Draupadi selalu menganggap Krishna sebagai Sakha atau sahabat sejatinya dan Krishna yang menujukannya sebagai Sakhi, ini adalah simbol cinta spiritual yang ada antara Draupadi dan Krishna .Satu-satunya teman sejati, yang datang untuk menyelamatkannya setiap kali dia berada dalam keadaan yang membahayakan, adalah Krishna.

 
Tinggalkan komentar

Ditulis oleh pada 19 November 2017 in Tak Berkategori

 

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

w

Connecting to %s

 
%d blogger menyukai ini: