Ageman Budhi-dharma

Pagi hari vatta adalah waktu yg baik sekali dalam melakukan kegiatan pujamkha..
Om maha lokhanta samawidya kaniskalanathakha.. Mahawidya jnana lokhanta samawi shiva sidhanta budha soghata asta shakta tinunggal ika dharma santana.. Khidirualla khanata irup urip kalikamaya maha al khalik.. Al ghoib dzatualla..

Ktika sulayaman berageman budhi..

..Om..

Wikuni uttama
Jaya mancasila

1506029031773-2045172224.jpg

..Mahat dan manas..
Pada dasarnya mahat dan manas menunjuk pada suatu objek yg sama, yaitu idep.. Idep dalam hal ini adalah yg brsama2 sabda bayu mnjdi diri sebagai manusia.. Yg membedakan manusia dgn binatang juga tumbuhan..
Mahat manas adalah mrupakan bagian dri suksma sarira sbagai selubung ananda antahkarana sarira atman..

<head>https://pagead2.googlesyndication.com/pagead/js/adsbygoogle.js</head>

Citta adalah intuisi juga memori yg berisikan bekal dri sancita karmapala brupa pahala juga karma buruk, sbagai bagian samsara..
Citta yg trlebur pada atman adalah cintya pada cintya yg brarti Beliau yg mampu teranalisa scra makna dan mampu dipahami agar mnjdikan itu kunci membuka loka pada sunya..

Mahat biasanya besar dimiliki oleh introverted person.. Krna mrupakan peleburan antara citta juga manas dan dri itu informasi hadir yg disaring oleh buddhi.. Buddhi sendiri agar menjadi saringan yg baik, adalah dgn memahami dharma widya, jga dharma satyam, skaligus dharma wacana, maka mampu menyaring agar “somya nika karma tan wacik saking sancitaning samsara”..dan yg tersisa adalah pahala baik.. Ini mmpengaruhi ahamkara atau ego, agar mampu kembali menelaah inderawi jga manas bisa mengelola untuk mnjdi bhakta sang Dharma buddhi..

Kmudian ktika manas adalah awalNya, maka semesta yg berasal dari maya guna (jg satwik rajas tamas-sama dgn cikal bkal guna manusia).. Memberikan ujian driNya juga brisikan sancita karmaNya.. Jadi citta Maya adalah “sang bhuana ageng alitan pinateh”..dri maya ditelusuri lewat ahamkara atas dasar inderawi sbagai jga dasendriya, memahami dari panca tan matra.. Ahamkara yg terkoreksikan dri buddhi yg dharmika, akan memahami kesidhian ksidhaan dan berkuasa penuh atas kebajikan.. Mreka yg mengekang inderawi itu yama niyama brata dasa mampu mrnyaring hasil ahamkara itu sendiri..
Masuk kemudian ke manas hasil saringan itu, dan mndorong indriya agar berprilaku..

Semua kedharmaan buddhi itu akan masuk pada citta yg nanti akan memberikan karma baik dari berkah atas diriNya sendiri..

wp-image--1149091973

Ngagemang universalitas hyang mutlak
Tridatu siti khotijah.. Muslim wetu telu

Hikayat panca datu adalah logam yg ditanam oleh ida hyang btra lelangit ida hyang mahameru lan kelab sugre titiamg ida dang hyang nirartha, ida hyang kuturan..
Datu panca kawastanin antuk wudhaya cina sane kasampurnan antuk panca maha butha matambah saking aji sakancan datu.. Singgih nipun.. Panca maha butha, akasa tinemu kala mewasta diksitah sidha antah.. Metuang lelima..
Teja niku div divhaki dewata dasa akasarahm ring dewek agung alitan bhuana..
Geni hyang gnijhyam minekadi brhmin abrhma makta keneh ahamkarahm.
Marutya iku wayu genah ring irung makta agurhu swadyayam..
Saking purushyam linggam methu apaha wisnu niku ngagem tirtha gama..
Saking cokor ida kawastanin antuk singgih ikang shakti bhur lokha bhoma kala kali mawasta pratiwi..

Sinah saking maka cihna tao metu kawastanin datu sareng taru.. Ring tastra taru niku ring aksara Ra Ca ring karna..
Panca datu ngawit ida saking tengah mawasta perunggu lingga bhtra shiva natarajahm..
Wesi wisnu..
Emas mahadevhaki
Tembaga brahma..
Selaka perak iswaram dewam..

Yening datu tri datu.. Putih bang selam mawasta antuk samawi niku..
Isha.. Abrahama.. Musalamah..
Medaging kuning mawasta catur datu metu kaphat.. Antuk lingga iku mahamadha..

Sinampun singgih
Gama dharma yatramah..
Ang ung mang namastute aum

Om animayatah shaudarahki mahamantrana ya aham tat sat mahyuga gemah ripah loh jinawi kapanggih om..

<head>https://pagead2.googlesyndication.com/pagead/js/adsbygoogle.js</head>

Makna wiwitan asal muasal, semua berasal dari TYME tuhan yg maha esa.. Maka itu adalah ardenareawari satu sahaja dan esa ia.. iA disebut sebagai empat nama..

Dari kosong disebut sang sunia hyang embang..

Dari itu maka Beryoga IA dalam acintya laku manaha (tak mampu terpikirkan) maka IA menurunkan dua sebagai utama.. Hyang Diksitah akasa dan Byang Kaalaa ya mahagotraki.. Dan akhirnya ada ruang dan waktu.. Itu kemudian menjadi awal setelah hyang embang beryoga..

Dari dua itu kmudian beryoga kembali bertiga..hyang Embang Diksitah Kaalaa.. Maka menjadilah bayangan itu saat mereka beryoga dalam ruang waktu sunia, terkotak dalam waktu, maka akhirnya kluarlah bayangan merrka disebut maya maya widi..

Maka tiga yg satu itu adalah segitiga purushyam tiga segi bayangannya prakirtam.. Bersatu itu kembali maka menjadi itu bintang sudut enam yg brputar.. Dikatakan sbagai. Bintang david atau bintang goliath krna brputar ia trus dan dri kiri ke kanan atau sebaliknya..

Dan kesatuan itu maka muncullah.. Tanah pratiwi.. Air apaha.. Teja nur cahaya… Agni api… Marutyam angin..logam dathuka.. Setelah itu hadir dalam dikistah serta kaalaa maka brkumpul itu semua yg ktika itu disebut jejak2 brhmanda.. Telur brhman..

Kmudian lahir mahluk dri terkcil dan yg prtama kali kluar adalah soroh kayu pepohonan.. Dan berevolusi..

Lalu hadir juga binatang dan bsertanya.. Sang purusha dan mayaNya.. Trus brputar dan berputar dan lelah pada itu maka lepas satu kakinya dan mnjdi bintang lima dan brputar lagi.. Dri alam samastha menjawab dgn kaki itu dgn brpuar mnjdi bintang lima pula.. Bersatu mereka menjadi bintang sepuluh..

Dan kembali mereka mncipta brsama2 dari sabdaNya kluar dasa akhsara.. Dari itu kluar juga dasa awitram.. Dari kdua itu kluar ibu bumi bapa angkasa.. Dan brrsang@ma ia mnjdi manusia2 dan juga hewan2 ..ibu bumi adalah taru dan bapa angkasa adalah bintang yg lepas itu.. Maka hadirlah smua pngisi semesta, dan smpai sang manu muncul mncari kedua orang tuanNya.. Maka Ia disebut juga..

Abraham, yg mnuju ke selatan brahmaham..

Ishyaki yg mnuju ke timur ishawaraham..

Musalhaman yg menuju utara waisnawaham..

Kanjeng Mohayamahd..mnuju persia ke. Bharat

Dan masih ditngah adalah qhidir..

Dri lima itu maka hadir lima waktu yg sesuai hari disebut panca nabhiqu.. Saat manis maka Ia adalah isyhaki anak dri tuhan.. .. Pada pahing Ia adalah abrahamhaki raja api narakah..pada Pon disbut IA mahamadh (raja dunia) pada wage disebut IA waisnawmaka raja lautan.. Dan ke tengah adalah kliwon disbut raja waktu kaalaa..

Dan dgn itu kmudian semua brzuka cita.. Salim

IMG20170626070304

Tentang tri pramana.. Manu syiah..

Idep itu punya manusia krna itu saja yg membuat ia manusia bisa meningkatkan hidupnya kelak (mnjdi yg lebih tinggi) menuju jana maha tapa sunia loka samastha..

Ktika idep yg berintuisi pada citta.. Maka ci tta selalu tetap ada di setiap mahluk krana itu adalah insting, namun tak mampu ia binatang mlksanakan puja puji puspam mmbuat skncan wewantenan sakral untuk menujuNya..

Hal ini ditutup oleh buddhi yaitu rasa.. Agama adalah tentang rasa tentsng batin yg (seharusnya) selalu mmbatin pada sraddha dan citta atman mnjdi acintya hyang wenang..

<head>https://pagead2.googlesyndication.com/pagead/js/adsbygoogle.js</head>

Dari luang ruang nirguna mnjdi menge pepet terang gelap yinyang ktika brsatu lsgi (dalam ageman sang ardenareswari linga yoni) brpasang2an(aswaja-bhasa nyame selam).. Maka itu akan lahir mnjdi tiga dalam pawukon tambir (bhatara Shiva).. Pasah beteng kajeng.. Maka tiga itu kalaa (dora) waktu-manusia(yg mngisi ruang itu) dan dewata (yg mrajai ruang itu)..

Dri itu kluar empat sbagai saguna adlaah cadu sakti sidha anta.. Prabhu wibhu krya jnana.. Maha dewaraja, maha ada, maha membuat, maha mengetahui dgn jnana..
Dri itu terlihatlah empat lokanya..sunia loka dalam nirguna, maha loka jana loka dalam cadu sakti..

Kmudian terlibatkan lah asta aiswaryaNya.. Delapan maha kuasaNya.. Mahima laghima anima prapti prakamya wasitwa isitwa yatrakamWasayitwa.. Dan dengan itu trciptalah

Pursha atman dan pradana pnca maha btuha..
Dan mnuju asta aiswarya dgn empat jalan aiswarya dharma.. Budhi dharma jnana dharma vairghya dharma aiswarya dharma.. (wrspti ttwa)..
Gwr
Kalvatar Region sekedar wedang jahe

https://linggahindusblog.wordpress.com/2014/05/04/logika-tentang-reinkarnasi-atas-dwi-dan-eka-pramana/

—@@@—@@@-@@@@—–@$@@-@@

Bhwgnta wararuci srsmscya uvaca..
Linga hari hana tan hana madharma tinemu pahala wacik wicak lan wani.. Saking manas mrtyu maha mnhtra..
Setiap hari adalah mulai dan selalu brpikir manacika akan sang dharma..
Ktika manas buruk (krna pngruh MayaKu) itu akan msuk pada wrspatti bghwntah..

Wrspatti bhoga wantah uvayaca..
Tinemu duka iku saking manah wntah amanacika..
Tinemu lara athi iku saking sabda niyah awacika..
Tinemu rogha watin iku kallah saking adharma nike tinanruh..
Satwik nmu rajas swarga ika ngharaniya..
Satwik nemu tamas mayudha iye kalaha pastika adharmika..
Yening maparilaksana adharma tinemu rogha lan pati citta acintya deweki..
Dharma ksatrya mahottamah.. Satyam eva jayathe..

Maka ktika manas tak baik ktmu duka
Ktika sabda tak bajik ktmu lara ati
Ktika laku tak wicak tinemu rogha watiniya
Adharma pasti kalah.. Krna sang pati psti mncari adharma sbagai tangan sang dharmika.. Diri yg berdharma satya kstria yg utama dan kebenaran pasti menang..

Ktika ragu, masih ia dalam timira yg gelap..

Om swaha bhurwa bwaha shanti rahayu om

Nemu jana tapa maha loka sunia loka ring bhumi..

Jana tapa maha loka shanti uwaca hyang bhatara kalky mahdy awataram

Hari hari kalkymahdy hari hari

Tinemu saget masang agama iye pinih umanis riin hyang widhi lan. Byang widji dumadak saget tinemu puyung sinah ida mewasta sang maheswara lan sang swayambu, yening saget tinemu aswat yonikah macunduk dados hyang/byang iswara iswari ishyana sang nabhi

Tinemu pahing mesang agama ainggih patut matemu yoni metu sanga wulam dados hyang byang brahma brhamin saraswati yrning puyung tinemu maheswara pinapi rudra mrjapatya sang raja kala kali wisesa

Tinemu ring sang ageman ring pon sinah tinemu mahadewaki mahadewiki nuju puyung dados rudhra ka ki lan sangkara tetamian (gadang) nike patut kaaturang lelabaan segehan..

Tinemu ring wage sinah masanga dwara chandra ki numadi dados warih hyang byang waisnawaki laksmika dados putran sang awataram dasah puyung dados sywamnbu lan sangkaram..

Yening kliwon ainggih sugra Ida hyang shivaki lan bhtari durghama saget metu ida lelima sinah puyung dados panjak ida hyang byang, minekadi pripun oka adi nyane sang ghana sang hanuman sang garuda sang anubis sang narashima(wastu saking waisnwaki).. Dumadak tinemu jugya shiva asta bratha ki..

Puput uwaca..

Sane teduun bduur tingalikan sane beteen ped pedan dingehang swara swari bapa angkasa lan bumi pratiwi..

Kiamat telah lewat dan lelah.. Sejak dipastu itu oleh sabdo palon, sejatinya smpai sekarang itulah kiamat yg telah lewat.. Brdiri kita di itu dalam keseharian dan kmudian hadir sang hari bhatara kalky uvaca..

Hyang manu tedun sinampun bersih suci olih tirta panglukatan pamitan warih ida hyang widhi wasa lan ida byang widji wisesa.. Dados waisya brhmana kstriya watin lan nuju ngamedalang indik mancasila shakti shaktam jihwatmanam.. Nike mawinan sang hari hari bhatara kalky ya mahdy tinemu ring sang pati..

Hey kamu pati, ledang tedunan napi je patute kamu, icang nglawan mngde nenten wenten sane seda iya sang dharma laku aswaja tuju lan sang yama bhaktani.. Neenten malih sang kaala sane nakutin icang lan sane lian..

Meprekara dewek nike mkrana karmaning nenten puput.. Driki sinampun ring bhumi mawasta bumi bhoma fhana barzah akhirat dados sawidji bhur bwah swah dados sawidhi lan swarga purana kapanggih olih iya sane uning mawaaasa jawi wali lan bahsa suku nusantaram lan kawi bhsa kawisesan.. Dumadak saget ilupa, niki sinampun kainget sire nike Tuhan Mahesa Jenar dwijendra.. Mapas kamu tinemu duka rogha lali, kwala durung nemu pati.. Sang bumi nuswantara nike kekal nenten polih nyekjek iya sang pati..

Sakewanten saget wnten sang durjana ngemaling, pastuang sekadi manah sane landep, pastuang sekadi sabda sane mapikayun nuntun, pastuang skadi watin sang bhatara lan dewaki..

Niki pimuput titiang.. Bebas sang yogi swara swari sang hyang byang adi ani pratiwi laksmi sedana rambut uma dugrha timuput jadma corah mgnda ledang towhbati ring ida warih dalem..

Sadhu shanti rahajeng

Hara hari ya kalky..

Hari hara ya shiva..

Hari hari ya bhtara guru..

Ya hari hari pasupati surya bhairawa soghatan samawi brhma waisnawa shiva ghanatapatha manggalika indra rishi gama.. Ageman buddhi..
Ya kamoksan ya whdtul wujud ya mahrifat ya ananda marga.. Kmudian diturunkanlah tiga marga penghuni swarga di bhuana..
Jana loka pada mereka marga Jana..

Tapa lokha pada mereka marga rajasha..

Maha lokha pada mereka marga karminatha..
Bhur bwah swaha pada mereka yg marga bhakta..
Kepada mereka penguasa sapta patala loka..

Diberikan mereka marga..
Marga surya agni yg membakar angkara..

Marga waruna wasuki yg menenggelamkan ego tamasik mereka..

Marga yama wayu yg mnghncurkan nafas mreka yg sia2…

Marga kubera indera yg menguasai artha dan mengadili mreka yg adharma pada arthaNya laksmi sedana.

Marga bhairawa tantrika yama pada mereka yg selalu dharma raksatah melalui panca Ma mereka mnghncurkan musuh..

Marga chandra kailasha yg mendinginkan amarah kmudian mnghncurkan angkara..

Marga sunya laksana nawa sangha.. Kpada mereka sapta patala diputar dengan kala cakra..
Guswar klky mhdy..

Smbhwami yuge yuge..

Om radiya surya ciwa hning lelata.. sang muni rishi iswarah sirah sang Padma-asanas, sang waskita segara murti wisudha pelung.. Hring ksama dharma sentana nyatur paramita anahata.. Agni agni hotram upasaksi dupham ngelebur mala mala dukha, Iya sang rudra hring swadisthana.. lingga ning yohni pujam sang brhma jnana utpetti munggah hring manipura ning.. iya sang kundalini rauh tedun saking pertiwi pujam muladhara nuju sahasraham.. Swaha shantii..

Begitulah sejatinya manusia yg merasa memiliki suksma sarira, badan halus, badan emosi kehendak keinginan kemauan harapan, bahkan badan yg mengelola rasa benci irihati mrasa kuat lobha hawa nafsu ripu ripu atatayi timiram.. Artinya kekuatan kebenaran dharma berada pada suksma sarira, yg nanti mnjadikan dunia sbagai tmpat ujian dan juga kenikmatan..

Kenikmatan dunia yg bisa menjadi karma baik, atau jga sbagai ujian semata saja.. karma2 yg berasal dri khidupan terdahulu sancitaning karma, dan jga karma yg sekarang mnjadi ada sekarang prdbdaning karmapala. pada dasarnya harapan2 akan tentang suatu masa depan adalah baik adanya, ketika harapan2 itu mnjdi atau merupakan sesuatu yg bajik becik.. Ketika tidak, maka sang buddhi akan dikndalikan ahamkara ego, yg artinya dapat mngurangi ketersediaan pahala baik ke depan.. ketika itu prdbda krmpala, mngkin mnjadi suatu akibat harapan yg mmbrikan pahala buruk, shingga sancita karmapaling sprti terkubur saja.. Maka baiklah sang manas mampu dikelola oleh sang budhi jnana sidhi. Shingga tiada kalah dgn keinginan lekatnya diri pada duniawi ini..

Sebuah kebersyukuran adalah sbuah karma baik, yg mnjdikan harapan2 itu didasari pondasi yg bermakna..Ketika mensyukuri, maka harapan2 alam bawah sadar akan diseleksi disesuaikan Ia sang hyang wenang, mana yg sesuai, dan diberikanlah pada mereka yg telah berprilaku berlaksana berpikir dharma ning mautamma.. Dan terjadilah sbuah keberhargaan pada diri2 mereka.. begitulah tanda baikknya mereka mggunakan pikiran mereka itu..

Sang Manas pikiran akan dikendalikan oleh gerak tamas dan satwik.. Yg berasal dri ahamkara gerak gelap, dan buddhi gerak satwikam, dan hasil dri prbndingan itu akan mnuju pada bekal2 citta.. Karena itu maka sang buddhi akan mengembang berkembang mnjdi kekuatan sang diri, diri yg waskita wisesa sang jnani sang karmin sang bhakta, sang raja raja semesta.. maka itulah yg mnjdi kan manusia Ia sbagai khamil yg ihsan, sebagai yg beratman brhman aikyam, sang manunggal kawula gusti illah, sang yg dilindungi Ia asmaNya qhudus batn adl.. Kerajaan surgaNya tiba. Bgitu kata para2 Malaikat, sudah Ternyat benar dijanjikan bahwa kebahagiaan kekal telah hadir dalam jiwa2 yg berjalan kepada kertha pada sujud pada iklas pada abdi pada buddhi pada rahmatan.. Yg semuanya memelihara kebajikan dan semesta ini, ktika datang cinta..

Damai.. Gwar..

Om sembah hyang urip hring rahsa..sang buddhi sang suksma sariram, sang panca maya kosa, suksmaning manah..ahamkara ngabudhi ning citta mani pura..om ksma sampurna ya namo namah swaha..

Om swaha budhi santi..

Sejatinya manusia yg memahami dharmanya akan selalu diingatkan oleh hyang semesta agar melaksanakan berkata brsastra tentang suatu kewajiban itu sendiri..Namun manusia jua terjebak maya, maya sendiri sejatinya juga merupakan kumpulan tabungan karma manusia yg belum bisa ia ambil, atau juga tempat menabung karma2 itu sendiri…

Manusia lahir telah mengada suatu keseimbangan, maya guna..satwik rajasik tamasik, artinya perbandingan2 tentang ketiga itu seimbang, dan itu tertulis juga di Maya, karena itulah ia suksma sarira meminjam mendapatkan tubuh manusia, ktika satwik tak ada, dia akan tidak mendapat tubuh manusia..

Saat menuju suatu kewajiban itu sendiri, sbagaimana manusia dalam hidup, berhutang dan juga memiliki piutang, kewajiban dan hak, tentunya itu adalah sebagai kekuatan kuasa sang mutlak untuk memberikan karma itu diterima..ujian hidup adlah waktu yg tepat untuk membuka kunci karma yg baik itu..

Tersadarkanlah diri bahwa manusia adalah mahluk yg termuliakan ketika ia tau bahwa hidupnya adalah telah memiliki suatu piutang hak pahala baik dan juga termasuk kewajiban untuk mlksanan dharma…

Swaha suhci budhi om..

Om Sembah Hyang Budhi..Rahsaning Suhci Nirmala, Sunyam, Pujam, Ksama sahampurnah ya namah swaha..
Manusia hadir karena Ia berhak hadir d dunia, dengan segala bekal yg Ia bawa dari tempat sebelum Ia lahir sebagai manusia..Manusia lahir dalam tubuh stulam sariram yg terdiri dari dasaindriyam, serta juga manusia lahir pada suksma sariram yg lebih sempurna dibandingkan dgn mahluk Lainnya..

Ada mahluk hidup yg lahir hanya untuk mati, tapi jga ada mahluk hidup yg lahir hanya untuk dimakan oleh mahluk lain, akan tetapi mahluk lain pun memiliki suksma sariram yg berkembang tidak sama seperti manusia..Manusia adalah hadir dengan bagian suksma sariram, rasa(budhi), ego(ahamkarah),citta (insting memori sekrg masa lampau), manah (pikiran yg mnguasai inderawi)….

Mahluk lain seperti.binatang lahir karena ia tidak memiliki budhi yg berkembang, krna itu ia blum menjadi manusia..Hewan yg mengthui sifati manusia dekat dgn manusia, akan mgkin lahir mnjdi manusia pula..Hewan memiliki rajas tinggi artinya manah dan ahamkara mereka berkembang cukup.baik, dan dikendalikan citta..

Dengan itu maka manusia yg tanpa.budhi ibarat binatang, dan kelak ia akan lahit tidak menjadi manusia kembali…Ada kiranya berpikir bagaimana menjadi seekor nyamuk, yg hanya senang akan darah sahja,..dan berpikir untuk hidup sebentar..akhirnya mati ia ktika mndapatkan darah, tak bisa dan tak mampu berpikir pada kesenangan dunia layak manusia, itu bagai di neraka..

Sejatinya hyang budhi akan memberikan jalan menuju tempat yg baik, dan tanpa manusia akan mnjdi yg ia lakukan selama hidupnya…

Budha cemeng ukir..bulan februari 2017…

Gwr..

——————————–

Tentang ego dan budhi.. Kduanya bagian badan halus, suksma sarira, tetapi dgn definisi berbeda..

Ego itu adlah mmbntuk sifati manusia yg tak adaptif akan suatu perbedaan, sedang budhi adlah yg membuat mampu hidup dlam keanekaragaman..

Ego sangat resisten akan perubahan, krna ktika keadaan berubah sprti inginnya, ia tetap tidak puas..namun budhi mengerti bahwa perbedaan adalah keindahan..

Ego brusaha mnyempurnakan keadaan krna mrasa dirinya sempurna, tetapi budhi mmbrikan wajah yg smpurna dalam perbedaan..

Ego mencintai konflik, sedang budhi mnyebarkan cinta pada sbuah konflik..

Ego pnghancuran, buddhi mngayomi semesta..
Ego adlh cermin nafs amarrah rajas tamasik simbol adharma dlam bahasa agama,..
Namun budhi adlah sbuah agama..

Ageman buddhi..

MANUSIA YANG BERMARTABAT, MANUSIA YANG BERKASIH, MANUSIA YANG TEGAS DAN BERANI

Manusia yang lahir dalam kehidupan ini, adalah manusia yang telah merahga dan memberikan suatu kemenangan akan Budhi Dharma itu sendiri dalam hati yang menimbulkan rahsa Sahadja dalam dirinya. Rahsa yang menghargai dan menilai “diri” sebagai abdi Dharma yang memiliki budhhi yang bermartabat serta penuh cinta kasih, sekaligus tegas dan berani.

Pada suatu awal yang menjadikan diri penuh makna, adalah bagaimana menjadi manusia yang bersujud dahulu kepada kekuasaan Bapa, dan kepasrahan terhadap Bundha. Baik itu yang bersifat realita (Imanensi) atau yang transendsial ke Angkasa dan ke Pertiwi. Maka setelah terinsafkan, terlaksanakan, dan tersatyakan, akhrinya suatu keberpahaman akan rahahsya Buddhi dharma akan mengumpul dan menyebar kepada relung-relung Jihwani dan rahaga, tersucikan sperti Suksma itu sndiri. Maka Jihwani, yang terkondisikan seimbang sebagai penghubung antara SUksma dan seimbang, tersiarkan pada Rahaga sebagai wilayah untuk menjawab tantangan, godaan, dan keberagaman dunia itu.

Setelah terbentuknya suatu Budhi dharma telah terucapkan, terlaksanakan,dan pula terpikirkan sedemikan rupa, maka terjanjikan bagi mereka oleh Sang Bapa dan Sang Bundha, bahwa manusia budi itu, akan menuju pada suatu manusia yang :

  1. Manusia yang Bermartabat : Manusia yang memiliki nilai diri tinggi, nilai manfaat, dan nilai laksana yang membawa ia pada keutamaan manusia buddhi, yang bisa merampungkan ujian semesta dan mampu mengadakan kewibawaan bagi dirinya sendiri. Tentu sajas dengan restu Bapa dan restu Bundha.
  2. Manusia yang berkasih.: Manusia yang memberikan segala kemampuannya untuk membantu dan memberikan kenyamanan dan kenikmatan serta perlindungan kepada mereka-mereka yang membutuhkan, sesuai dengan Buddhi Dharma itu sendiri. Membantu melayani semesta sebagai suatu tempat yang patut untuk ditinggali sedemikan rupa, dan dengan kasihnya memberikan segala cara yang sesuai budhinya dengan kejujuran hati untuk mereka yang membutuhkan.
  3. Manusia yang tegas dan Berani..Maksudnya adalah manusia yang memiliki ketegasan dan keberanian untuk membela KeBudhi-Dharmaan yang mereka dasarkan dan pahami. Tegas untuk berkata tidak dan Berani untuk melawan kedurjhanaan, kejahatan, serta penjajahan atas kebenaran Budhi Dharma itu sendiri. Karena hal ini lah yang mampu membawa mereka sebagai manusia yang bermartabat dan mampu mengubah pandangan dan wilayah dunia yang tersyiarkan kejahatan dan tindakan asusila serta anti kemanusiaan. Keberanian itu didasari oleh Kekuatan Budhi Dharma itu sendiri serta dengan kekuatan sujud pada Bapa dan Bundha .

Maka itu adalah sesuatu yang terjanjikan pada setiap relung-relung penguasa semesta dan pemilik kasih atau pula peleburan kejahatan dari mereka yang tergolongkan manusia rendahan dan mengabdi kepada keasu silaan

Salam rahga, jihwani, Suksma, Santausa, Sahadja Bahwana

gwar 31 okt 2012..

————————————————————————————————————

TUHAN…..BAGAIMANA MENDEFINISIKAN-NYA BERDASARKAN KELUHURAN BUDDHI…

Tuhan..titik…Tiada yang lainnya..Mengapa ada yang lainnya? jika Tuhan adalah dalam suatu definisi sebagai mana definisi yang telah lama ada dari jaman ke jaman..dari masa ke masa…dari suatu dekade ke dekade lainnya…

Tuhan adalah semesta…maka Pastilah tiada yang tidak bisa disusupi oleh Tuhan itu sendiri…Tuhan semesta maka tuhan berhadapan dan disandingkan sebagaimana IA ingin memperlihatkan diriNya sendiri kepada Dia sendiri…

Tuhan adalah mutlak..maka tiada satu pun yang tidak terlihat oleh Tuhan itu “sendiri”…Karena Ia adalah maha besar sebesar-besarNya dan tiada pun yang mampu Ia tidak kecewakan atau bahkan Ia kecewakan…Dan hal itu membentuk balasan atas perbuatan-perbuatan semesta (penghuni alam) yang hanya IA yang mampu ia ciptakan “sendiri” karena Ia adalah pemegang kunci hukuman karma yang berbentuk:

1.Takdir

2.Nasib

3.Hidup serta Kematian

Melepaskan dan meng”insyaf”kan diri serta meng”Kusyuk”kan diri akan sujud ke pada Nya adalah hal yang harus, wajib, mutlak dilaksanakan sedemikian rupa melalui ritual-ritual yang diulang-ulang pengucapan rapalan tentang mantra,sloka,ayat yang menceritakan kesucian IA..baik yang telah ada, maupun yang sedang ada, atau yang nanti akan ada…

Jadi IA Tuhan, yang memwahanakan semesta ke dalam dirinya berdasar atas kaweruh budhindriya dan karmendrya sebagai pengekangan atas musuh Tuhan dalam bentuk manusia di dunia ini. Musuh itu adlah :

1.Nafsu untuk berpikir tentang kejahatan.

2.Hasrat untuk mengatakan tentang kebobrokan.

3.Godaan untuk menyatakan perbuatan tentang Keiblisan.

Tuhan memanglah ada dimana-mana. Maka dalam kehidupan ini manusia yang dibekali pikiran, rasa, dan suksma jiwa..diharapkan mampu mengeluarkan batiniah yang berbudi luhur sebagai cerminan hasil tapa, semadi, dan pembelajaran ruhani agar memiliki kebermafaatan di baik alam ini, masa depan, dan kembali menuju masa yang telah usai..

Keuntungan dan anugerah jiwa KE-Tuhanan yang dimiliki oleh suatu jihwani yang sempurna pada kaweruh budi pada suksma manusia itu sendiri. Akan nantinya menjadi suatu nilai, harga, serta kualitas yang akan dinilai oleh Sang Tuhan itu sendiri..Siapa Sang Tuhan???

maka kembalilah mengeruhkan diri dalam NISTA,RAHAGA, dan KEdukhaan…sehingga karma menjadi semakin bersih, suci dan takbir teriakannya mampu memberikan dampak atau spirit (nyawa,suksma) budi ke seluruh angkasa raya dan semesta dari yang terkecil sampai yang terbesar..

RAHAGA yang SAHADJA adalah pada saat setitik buah karma baik buruk itu mampu diijinkan untuk menjadi lembaga atau biji yang siap berkembang…

Inti nya adalah bersihkan diri, rahaga jiwa dan suksma yang tidak terliputi rasa Sombong, Iri, dan Dengki, ,,akibat dari ke”hitam”an rahaga itu sendiri yang seharusnya ber-Sahadja….

Sebagaimana kesucian itu datang dan hadir pada intuisi mahluk binatang dan mengusahakan agar terbersihkan raga sebagai penyupatan diri ke hadapan Khalik (Tuhan)…

Setelah segala wibhuti (pencerahan) itu hadir dalam rahaga yang terahsia pada tujuh lapisan hati, maka siapkanlah menerima pedang-pedang pembawa petaka bagi mereka yang tiada bisa lagi tertolong oleh perubahan jaman yang menuju jaman keemasan..

salam rahga sahadja…

gwar….

——————————————————————————————

SEBUAH KESETIAAN

BAGAIMANA KEDUDUKAN MANUSIA DI HADAPAN SEMESTA INI…(BUDDHI DHARMA)

Manusia sebagai mahluk yang memiliki kehendak serta wilayah kelahiran dan kesempatan untuk hidup adalah mahluk yang memiliki beberapa tujuan dan bentuk nyata dari kehendak, kelakuan, serta sabda yang lisan serta sastra…

Manusia yang lahir dalam suatu kesucian watak dan rahaga sahadja dan keinsyafan..memiliki apa-apa yang disebut manusia bermartabat, manusia yang suci, manusia yang berharga dan bermanfaat bagi setiap mahluk dan bahkan semesta…Bermartabat artinya adalah manusia mencintai siapa dirinya bahwa ia adalah suatu titisan dari rahaga cinta dan suksma cinta dari persatuan yang harmoni dan melembaga dari ayah dan ibu….Maka kewajiban sebagai manusia yang bermartabat adalah mencintai, melindungi, dan menyujudkan diri secara bersahadja dan penuh rasa kasih kepada yang di sebut Ayahanda dan Bunda..

Selama itu tidak diberikan ruang pertama kali, maka seluruh kenikmatan yang Tuhan berikan akan sirna, musnah, lenyap..Dan Tuhan dengan sabdaNya berkata bahwa” Siapa pun yang lebih dahulu menyembah Aku, tanpa melewati sembah sujud kepada siapa yang melahirkanmu, maka seberapa besar dan hebat sujud atau sembah itu, maka akan sia-sia belaka.”

Dan maka suatu ritual-ritual bagi setiap manusia adalah sekehendaknya disesuaikan dengan mereka yang berayahanda dan berbunda..Suatu kekuatan akan datang kepada mereka yang taat kepada kekuatan dan ketegasan ayah dan kelembutan yang tegar akan ada pada mereka yang menuhankan Ibunda terlebih dahulu..Dalam rahasia kawruh maka suatu hormatan jihwani dalam kesujatian akan muncul secara mutlak dan spontan saat kesujudan ini dilakukan…

Maka manusia diharapkan akan menjadi suatu yang bermartabat dan bernilai kemanfaatan saat Ia melakukan kewajiban sebagai seorang putra atau putri yang berbudi yang lahir dari kekuatan persatuan kesucian mani dan kesucian telur.Sebagai kesatuan peleburan linggha dan yohania…

Dari penuhanan secara imanensial serta transendensial yang membentuk sujud Ayah Bunda (dirupakan)…maka Tuhan akan memberikan suatu pencerahan yang luar biasa ke depannya dan kekuatan hidup selalu akan menjelma…

Tuhan pun menilai kedudukan manusia dari tingkat kebersyukuran dan ketaatan menyujudkan diri dari syahuda ini. Maka sebagai akhri kata…

Manusia akan menjadi manusia seutuhnya untuk menyujudkan budi kawerhnya kepada Dua Tuhan kita dalam bentuk suatu Linggha dan Yohania

salam rahaga sahadja

Gwar..

——————————————————————————————————-
… BUDDHI TATTWA…

Atman atau sebagai Nur dan Khudus adalah sebagai tempat terdalam dan tersembunyi dilapisi beberapa lapisan, yaitu budhhitattwa, ahangkara tattwa… Buddhitattwa adalah bagian yang berada sebagai hasil dari tri guna..buddhi itu dibagi menjadi empat dengan pahalanya:
1.Dharma buddi adalah perbuatan mulya, tapa, yadnya, dana punia, yoga, meninggalkan keluarga hidup dari sedekah. Pahala dari dharma buddhi adalah ketika dharma lahir dari budhi maka orang mencapai surga dan bersenang-senang disana, IA menjadi dewa dan mendapatkan kekuatan lainnya.
2. Jnana Buddhi adalah pengindraan langsung, menarik kesimpulan, ajaran-ajaran agama dari orang yg telah mempelajarinya. Pahala dari Jnana budhi adalah melalui pengetahuan yang benar orang akan mencapai empat kekuatan dan mencapai moksah.
3. Vairagya Buddhi adalah ketidak terikatan terhadap kesenangan, baik yang dilihat, didengar pada badan yang sehat. Pahala dari Vairagya buddhi adalah mereka akan mencapai prakertiloka (dunia material) dan mengalami kesenangan seperti orang tidur dan setelah lama akan lahir sebagai dewayoni.
4. Aiswarya Buddhi adalah keseimbangan dalam kesenangan bhoga (makanan) kesenangan kecil, upabhoga (kesenangan sandang), paribhoga (memiliki istri) dengan asiwarya orang menikmati kesenangan tanpa gangguan. Dengan anima dan kekuatan lain orang lahir menjadi dewa sebagai pahala aiswarya….

Maka ketika telah menyadari, akan keindahan Semesta hyang Ilahiah Ananta Dharmaika…Dan ketika itu keterlepasan MAYA terhidupi oleh entitas TER-tinggi di manapun jihwa itu terlaksanakan…Mahya atau Dzat atau Kehizaban….

adalah bagaimana AKU () dan KITA serta MEREKA…hyang cepat atau singkat..menuju ke keterlepasan…Dan apakah “itu” akan menagihkan “ini”??

Apakah “ITU”??

APAKAH “INI”??

DZAT itu…dan MAHYA itu …serta RUHSYA….

adalah kesatuan tanpa batasan..seperti engkau melihat matahari, tetapi tiada bisa menjangkauNYA…

dan itu terdiri dari sattwam, rajasikam, tamasikam…itu jeratMereka…dan KUKELUARKAN sesuai adab, ehtis, parthiwi, Serta ESA..hyang tunggal…

dan INI adalah…bagi mereka hyang sabar…

bahwa KITA adalah dunia, dan dunia MILIK KITA…

salam buddhi dharma loka sasmita ..

bhayangkaraNIA…

gwar…24 mar 2014..

————————————————————————————————–
UNIVERSALITAS SANG BUDDHI…

Buddhi adalah sebuah kaweruh, artinya sebuah sifat keluhuran dari suatu perjalanan kehidupan dan merupakan sumber dari filsafati apa pun itu.. Buddhi bahkan dikatakan sebagai agama, atau pula dikatakan sebagai permatanya di setiap agama itu sendiri, tanpa meninggalkan agama itu..

Buddhi terletak di berbagai agama itu sebagai pencapain yang mencerahkan, bahkan tanpa itu -agama sebagai induk moralitas serta filsfatnya akan hnya menjadi sebuah agama yg mengandalkan ritualitas tanpa arti dan hanya sebagai pelarian tanpa pegangan..

Buddhi adalah buddha yg tercerahkan sedemikian juga buddha yg turun gunung ikut mencerahkan semua mahluk, atau sebagai bagian suksma sarira dari dharma hindu yang sanatana.. Buddhi berada di maya dunia yg memihak memilih jalan sattwika yang moksah dan disertai rajasikam mahya.. buddhi adalah sebagai nafs illah yg tanpa nafs amarrah dan nafs lawanmah..buddhi adalah sebuah cinta kasih anak tuhan dari bapa, dan buddhi adalah jalan yg tanpa memiliki apa, tanpa mengharapkan apa kcuali hnya mnceritakan pencerahan, tanpa mengikat pada pahala apa pun…

Buddhi dihiasi keberkatan para dewata, buddhi diberikan kehidayahan asma illah, buddhi dicintai para malaikat, dan buddhi sbagai jalan nafs raudiah serta memiliki wahyu citta nabi ataupun sebagai jalan akhir trisula wedhantis….buddhi adalah yg mencintai imam al mahdi, buddhi yg menunggu sorga isa al masih, buddhi juga sbagai jawaban kalki atau pula buddha maitreya..

Buddhi tiada punya ilmu, buddhi tiada punya kekuatan,..tetapi buddhi memiliki pencerahan..dmana ilmu menuju kebenaran tertinggi kekuatan menuju kepada kekuasaan yg benar dan baik serta adil.. itu adalah pencerahan yg menuju dunia yg diharapkan oleh para agamis, para spiritualits, para idealis, para supra, para filsfati, serta ujung dari seluruh pencerahan itu…

Buddhi di hindu adalah atma widya yg menyingkirkan ahamkara, menuangkan citta brahman dari atman, menuju manah yg dharma serta buddhi yg wiweka..

Buddhi pada nafs illah adalah nafs mutmainah nafs raudiah nafs mardiah…dan tidak membuat berpindah, tapi membuat lebih mantap dan menjadi keselamatan semesta dunia baqa fhana bagi selluruhnya tanpa kecuali..

Buddhi adalah buddha yg lahir yg menjadi maitreya yg turun mencerahkan semua, yang dipandang sebagai akhir perjalanan sbagai kstria yg pinihandita, rahja rathtu yg adil, serta imam al mahdi yg dipercayai mereka yg taat tnpa mengusik keimanan mereka, sebagai kalky avatar yg mrnunjukkkan pralaya kali yuga menuju satya yuga…

Maka siapa yg tidak bersuka cita??
Maka mereka yg selain yg bersuka cita, maka mereka berpilih untuk mengubah ia….
Tidak ada yg tetap selain illah atma paratman semesta…dan mereka yg tau ia bersebrsngan tapi tetap dalam keahamkaraan kegoan ke nafs amarrah, maka mereka akan menuju yg tidak mereka harapkan,,,

Bukankah yg tidak berharap adalah sebuah pertaubatan, sebuah penyucian, sebuah pencerahan?

Salam gwr..
=============================
Buddhi..tidak Merasa Bahagia atau menderita…

Seseorang yg memahami ttg kesadaran buddhi itu seperti merasa tersesat..
Namun yakin akhirnya adalah hal kebaikan dan benar…
Tidak takut akan bahwa jalan itu berliku, tetapi takut ketika tidak berjalan…
Tak pernah merasa ragu akan ujianNYa, karena beribu pilihan adalah hanya pembelajaran..kecuali ktika tidak memilih…

Tidak pernah tahu akan arti kesulitan, tapi ketika mendapat kesenangan adalah sebagai beban…
Tidak pernah menginginkan kesengsaraan namun di setiap sengsara ia mrasa terhindar dari maut..
Mengucap salam pada maut, tetapi tidak ada maut di kehidupan di sini dan nanti…
Tersenyum pada kesusahan dan kesusahan akan menunduk membawa bahagianya…

Berbuddhi takut salah, tapi benar selalu mengiringinya..
Bersusila mengambil seluruh kebaikan, tetapi karma baik terlebih dahulu telah datang..
Beretika pada semesta, dan semesta yg mengangguk di pengertiannya..
Berdamai dengan negativitas, dan ia mengetahui negatif diiringi positif..

Bersua dengan tuhan dalam semesta, mendamaikan cinta dengan duka,
Meleraikan hitam dan putih,
Menyatukan hujan dan kering..
Sebagai ilahi..

Salam guswar mar 2015
=========================

3 tanggapan untuk “Ageman Budhi-dharma

    1. Yes kmndan..

      Dalam sunia itu ada potensiNya yg bisa mnghsilkan beribu jawaban.. Ibarat kayu yg blum dibntuk, maka. Bisa mnjdi kursi patung meja dan lain2…
      Ktika dalam sunia pun, ada namanya penemuan brnama vijnana kosa yg brisikan kebijaksanaan..

      Pikiran selalu akan liar, ktika itu terdiam dan sangat mudah mncari sebuah jawaban, ibarat kertas data megaburan, akan susah mncari, kcuali saat tertata dan tak ada angin ribut..

      Suka

Tinggalkan komentar

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.