RSS

Tentang Tri Sandhya

16 Agu

..Tri sandhya dalam makna.. 

Makna tri sandhya scara mendalam adalah hal yg menakjubkan,  dimana itu memberikan gambaran sakral bgi bhakta yg mengenalNya itu.. 

Sperti bait pertama yg mnyatakan dasar sbagai mantra Ibu,  maka dari hiranyagarbha kita berasal yg brisikan brahmanda itu sendiri.. Ibu pratiwi pertiwi dan gangga adalah air suci,  terlahir kita (semoga) pada kesucian.. Dalam srsmsucya disbutkan bhwa lahir mnjdi manusia adalah hal yg utama jua.. Maka pratiwi pradana jga air adlah tmpat akhir kita jua.. 
Bait kedua mnceritakan tentang tuhan hyang maha esa narayanam yg bahwa memiliki nama tak terbatas jumlahNya namun satu itu IA.. Paham ttg keesaan hyang widhi narayana hanya satu dalam simbol yg terbatas karena IA adalah semesta jua.. Dalam padma-@sanas IA duduk dan mmbrikan pencerahan bagai Surya..siva narayanam..  
Bait ketiga sada-siwa.. Disebut juga manifestasiNya disegala pnjuru mata angin.. Dalam nama2Nya yg sakral, yg menjaga segala penjuru sbagai divakhi cahayaNya brahman.. Dan juga memutar buana alitKu.. 
Keempat ktika tau bahwa tuhan nirguna dan saguna adalah penguasa segalaNya,  maka diri ini kecil dan papa,  penuh dosa.. Smoga mndapat tuntunan menuju kesucian jihwani dan rohani.. 
Kelima.. Dgn kesucian itu,  maka smoga sangguplah manusia2 yg utama membuat dan memohonkan seluruh mahluk berbahagia,  dgn kesabaran mnjdi bhaktaNya membawa kedamaian.. 
Enam.. Maka berkenanlah memulai dari diri sendiri.. Maafkan dosa perbuatan perkataan pikiran hamba dalam prema dan kesabaran menjalani karma menuju shantii.. 
Om Damai di anna mya kosa jasmani

damai di prana maya kosa rohani 

damai di manomaya kosa pikiran

Smoga jnana membuka ruang anthakrna ananda sarira lewat wijnana mya kosa om

 
Tinggalkan komentar

Ditulis oleh pada 16 Agustus 2017 in doa, filosofi

 

Tag: , , , ,

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s

 
%d blogger menyukai ini: