RSS

Beberapa myth tentang awitram (awatara).. 

22 Agu

Kisah parasurama.. Parasurama adalah cirawjin atau mahluk yg abadi,  ibaratNya Ia ada maharishi yg akan selalubhadir dri jaman ke jaman.. Beliau adalah kturunan mahrisihi brgu yg memang dikatakan pandita yg selalu marah dan mengamuk.. 

Dalam tastraNya IA Pa-(Ra)-Shu Ra-Ma.. Dalam tastra maka Ra adalah berada dri kedua telinga dalam hal ini karna (yg jga warih bhatara surya)  termasuk dewa RA (mesir) yg mripakan dewa surya matahari (garuda).. Pashu adalah Hewan dalam hal ini maka IA adalah penguasa para pashu dan dapatnyupat shingga dibri makna pati.. Pashupati.. Rama ktika digbungkan dgn MA akan mnjdi dewata rudra (dasa aksaea)  juga saat shiva mengamuk nataraja maka itu dsbut aksara Ma(ng)..

Parashu rama itu hadir di tiap jaman dan lahir prtama pada jaman traitayuga.. Sbagaimana maujudNya Iya maka bisa dikaitkan sbagai bhgawanta wraspaatii atau juga bhgwn sukracarya…yg mnjaga para Kali untuk tidak berlaku berlebihan (jagaKali-kalijaga).. Kmudian IA mmbunuh banyak para kstriya yg memang pada jaman itu brbuat berlebihan dan dibunuh semuaNya.. 
Pada konsep abrahamik,  maka prnah disbutkan ada abraham yg tauhid mnhncurkan banyak patung2(yg kataNya berhala)  bagi sya pribadi anggaplah itu ber-4lla krna sang pasthupati dapat mnghidupkan itu sbagai arcanam pujam,  (sgaja dibri angka empat untuk mnghormati kanda kapat).. Kmudian satu yg tak hancur dan mnjdi itu lingha.. Sbagai maqam..

 
Trmasuk cerita yg sesuai adalah aswatama yg dikutuk (mnjdi cirajwin yg smpai akhir jaman hidup terkutuk) dilepas ajnaNya juga mahadewa yg turun di daerah tegal penangsar (gurun pasir)..dan mnjdi kisah para nabhi (spiritualy speaking: dalam diskusi dgn spiritualis dri luar,  maka ini biasa disbut tingkat kebenarannya diberikan kpada hyang kuasa-the supreme one, divinity lord)

 
Smoga aswat(u)tama menemukan ajnaNya kembali di maqam2 itu,  . Dan ziarah ke maqam2 siapa pun itu adalah laku menemukan sangkan paran dan juga memahami ya al ghoibNya.. 
Disbtukan scara aksara juga, ajisaka hurf bahasa kawi,  huruf pallawa adalah kturunan dri huruf brahmin dan juga abrahamik yg mrupakan rumpun sanksrtit dgn konsep abugida (sku kata mnjdinhuruf)  yg pada akhirnya dibaca dri kiri ke kanan,  kiwa ke trngen, yg dulunya (atau smpai saat ini)  ada yg mmbaca dri kanan ke kiri.. Rumpun yg lain kturunan dri huruf itu adalah jawa bali (yg masih lestari-atau diusahakan selalu akan mengada)  tagalog, sunda wiwitan,  rejang,  thailand,  bugis,  dsb… 
Smoga para sesuhunan dan para hyang byang dang hyang parama kawi (parama prlu dianalisa mksud artinya)  mnyediakan ruang untuk mngenal sangkan paran dan juga asal muasal.. 
Kisah awitram.. 

Ida sang buddha buddhi dharma.. Adalah seseorang yg melepaskan kemewahannya dan masuk mnuju kata hatiNya karena sedih melihat kepada kemeralatan rakyatNya (ia seorang pangeran)  kdekatannya mmbuat Ia memiliki cinta kasih yg tak terbatas terhadap semesta itu sendiri.. Melepas itu smua (duniawi) dgn jalan prema ksama shantii dhamma.. Sampai akhirnya menemukan pencerahan wibhuti di taru boddhi.. 

Beliau mngajarkan jalan sattwika guna dan jugs rajasika yg brdasarkan rasa atau disebut buddhi.. Manusia ktika sang buddhi tak brkembang (kurang rasa empati dan simpati juga brlakunadharma)  pada wraspatti tattwa Ia akan numitis mnjdi hewan dan tumbuhan sbagaimana manasNya hanya mnyerah pada sang pashu (hewan)… 

Dalam prjalanannya buddha(ajaranNya) sndiri hrus berpindah ke arah china,  krna brbenturan dgn sifat ksatrya yg IA sirnakan(dan brdebat dgn sankaracarya) .. Dalam hindu disebtu dharmaning kstrya mahottama.. Dan di china brtmu IA pada paham taoisme dan confuciunism yg sudah brkmbang dan mnjdi pelengkap.. 
Ktika ke arah tibet,  maka IA (buddhism) brtmu dgn phaman shaktah dan mnjdi buddha vajrayana yg selain lembut juga bisa brlaku shaktah tegas keras.. Sprti durgha jga uma.. 
Dalam sejarah ke Indonesia,  maka buddha hadirbjelas pada naskah lontar sutasoma yg mngangkat laku buddha yg welas asih dan brsatu itu dgn paham shivaistik.. Paham shiva adalah paham yg memang sangat sakral di nusantara dan dalam wadah dewatanawa sagnha saat IA bernataraja bermurti,  maka IA juga adalah itu.. 
Kembali pada welas asih budha (yg sudah lengkap dgn shaktaNya -tibet, dan jga sbagai sinkretis shiva buddha)  maka dapat. Terlihat jelas paham lakunya pada beberapa tokoh di dunia,  anggaplah itu bunda teresha,  mahatma gandhi, nabi isya,  atau welas asih dewi quan in,  atau yg juga malah si ahok (toh dia legowo juga walau disikat kiri kanan).. Ktika buddha vajrayana (shiva buddha tantra bherawa)  mengada,  maka itu akan mnjdi momok menakutkan bagi si adharma,  dan mnjdi sang pengemong bgi dharma laku.. 
Bgwhadgita.. Aku selalu adil dan tidak prnah iri kpada siapa pun,  tidak ada yg lebih kucinta dan lebih kubenci,  namun sesiapa sbagai. BhaktaKU (KU adalah universal)  IA akan berada padaKu (dalam Tuhan Ia berada selalu)  dan AKU selalu bersamanya pula (setiap langkah akan dituntun oleh Tuhan itu juga-dalam nama2Nya..
Suwun pngmpura berkah dalem.. 

G. Linga

https://linggashindusbaliwhisper.com/2017/07/18/maya-awataram-pemisah-jiwa/
https://linggashindusbaliwhisper.com/2017/07/14/kalki-menjadi-dalam-diri/

 
Tinggalkan komentar

Ditulis oleh pada 22 Agustus 2017 in Tak Berkategori

 

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

w

Connecting to %s

 
%d blogger menyukai ini: